JAKARTA-- Kementerian Ketenagakerjaan menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding-MoU0 bersama Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi (Kemendes PDT), dan BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Senin (23/1/2017).

MoU ini memuat tentang penyelenggaraan program jaminan sosial kesejahteraan (jamsostek) bagi pegawai pemerintah nonpegawai negeri (PPNPN) dan tenaga pendukung yang berada di bawah naungan dua kementerian tersebut.

Nota kesepahaman ditandatangani Mendes PPDT Eko Putro Sandjojo, Menaker Hanif Dhakiri, dan Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto.
Sementara itu, untuk penandatanganan PKS ditandatangani Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemendes Ahmad Erani Yustika dan Direktur Perluasan Kepsertaan dan Hubungan Antar-Lembaga BPJS Ketenagakerjaan E Ilyas Lubis.

Ilyas mengatakan kerja sama ini adalah bentuk komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk selalu berusaha keras memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat pekerja di Indonesia.

Dia berharap perjanjian kerja sama ini membuka kesadaran atau memberi kerja akan pentingnya kepesertaan jamsostek bagi pekerja sekaligus mengatakan regulasi yang ada.

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan perlindungan yang diberikan untuk para PPNPN dan tenaga pendukung meliputi seluruh program BPJS Ketenagakerjaan yakni jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan pensiun.

Agus mengapresiasi langkah kedua menteri yang memiliki perhatian terhadap hal ini. Dia berlharap langkah ini diikuti kementerian lain sehingga universal coverage dapat segera terwujud.

Universal coverage merupakan tujuan perlindungan jamsostek yang kembali digalakkan.
Saat ini jumlah potensi peserta yang akan didaftarkan dalam program jamsostek mencapai 30 ribu tenaga (tenaga ahli, tenaga pendamping desa, dan tenaga pendamping lokal).

Selain itu, tercatat 14.686 unit badan usaha milik desa yang berpotensi menjadi peserta BPJS ketenagkerjaan. Lembaga ini merupakan lembaga ekonomi yang berperan strategis dalam menggerakkan kekuatan ekonomi desa.

sumber : http://www.lampost.co

Ditulis Oleh :Administrator
Pada : 07 Februari 2017 05:26:05 WIB

Komentar Artikel Terkait

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar