A.Visi

Visi adalah suatu gambaran yang menjabarkan tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Desa Tanah Merah dilakukan oleh Kepala Desa terpilih dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di desa seperti Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Lembaga Kemasyarakatan Desa dan masyarakat desa pada umumnya, serta atas dasar Pertimbangan Visi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.

Berdasarkan perkembangan situasi dan kondisi Desa Tanah Merah saat ini, dan terkait dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa), maka untuk pembangunan Desa Tanah Merah pada periode 5 (lima) tahun ke depan (tahun 2016-2021), disusun visi sebagai berikut :

“KEMANDIRIAN MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA,AMAN DAN AGAMIS”

Dengan penjelasan sebagai berikut :

  1. Kondisi kehidupan sosial masyarakat dipandang dari sisi pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, keamanan, kenyamanan, ketentraman, dan ketertiban sudah semakin menigkat sehingga menjadi kondusif untuk memacu pembangunan;
  2. Adapun yang dimaksud dengan masyarakat Agamis adalah masyarakat yang menjunjungi tinggi nilai-nilai keharmonisan dan kehidupan beragama serta beribadah berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  3. Stabilitas ekonomi yang dapat dipertahankan dan bersifat dinamis, produktifitas, mengurangi pengangguran, menurunkan kemiskinan, membina usaha kecil kebutuhan masyarakat

B.MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka misi yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Terwujudnya pelaksanaan 10 program pokok PKK yang bertujuan pada peningkatan penghasilan masyarakat.
  2. Terwujudnya kehidupan beragama yang harmonis dengan sasaran terbinanya kelompok pengajian dan majelis ta’lim yang bertujuan terciptanya kerukunan dan toleransi umat beragama.
  3. Terwujudnya pemerintahan yang bersih,transparan dan berwibawa dengan sasaran pembinaan aparatur desa yang bertujuan terwujudnya perangkat/aparatur desa yang berkualitas dan berdaya saing dalam pelayanan masyarakat.
  4. Terwujudnya wadah ekonomi masyarakat desa dengan sasaran terbinanya masyarakat kelompok usaha yang bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengembangkan ekonomi kreatif melalui industri rumah tangga sehingga tercipta satu personil satu produk.
  5. Terwujudnya masyarakat tentram dan aman dengan sasaran terbinanya masyarakat sadar hukum yang bertujuan terciptanya masyarakat yang berakhlakul karimah,tenggang rasa dalam kehidupan
  6. Terwujudnya masyarakat sehat jasmani dan rohani serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dengan sasaran terbinanya masyarakat hidup sehat dan kreatif yang bertujuan tercapainya masyarakat berpola hidup sehat,kreatif dan berfikir cerdas.
  7. Terwujudnya masyarakat yang madani dengan sasaran terciptanya masyarakat beriman berteknologi dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa yang bertujuan peningkatan keterampilan masyarkat.

Ditulis Oleh :Administrator
Pada : 20 Februari 2017 04:42:15 WIB

Komentar Artikel Terkait

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar