Pemerintah Desa Tanah Merah pada hari Rabu,30 Januari 2019 menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANGDES) Tahun 2019. Acara dihadiri diantaranya oleh Camat Tanah Merah,Babinsa,Bhabinkamtibmas Desa Tanah Merah,Perangkat Desa Tanah Merah,Ketua BPD beserta Anggota,Tim Penggerak PKK,LPM,RT/RW, tokoh Pendidikan, tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat Desa Tanah Merah.

           Camat Tanah Merah Yuliargo,SP dalam membuka acara Musrenbang Desa Tanah Merah memaparkan pentingnya Desa melaksanakan tahapan perencanaan yang baik sesuai dengan peraturan yang ada, selain itu pada tahap pelaksanaan juga ditekankan selalu melakukan sesuai aturan yang ada terutama dalam hal penggunaan dana untuk kegiatan-kegiatan yang diperbolehkan baik Dana Desa (DDS)/APBN, Alokasi Dana Desa (ADD)/DMIJ, maupun sumber dana lainnya untuk kegiatan-kegiatan yang diperbolehkan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki oleh Desa. pada kesempatan yang sama Camat Tanah Merah juga menyampaikan pesan terkait Pesta Demokrasi yang akan diselenggarakan pada 17 April 2019 mendatang, beliau menghimbau agar warga masyarakat Kecamatan Tanah Merah Umumnya terhusus Desa Tanah Merah agar senantiasa menjaga jalannya pesta Demokrasi nantinya aman sejuk dan berjalan lancar, “Kita berharap Pesta Demokrasi tahun ini kita bias saling menjaga,jangan sampai nantinya berbeda pilihan akhirnya memutus silaturahmi” ucap Camat Tanah Merah.

           Ketua Tim Penyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) Desa Tanah Merah memaparkan rancangan RKP Desa dengan postur pada 5 bidang yaitu Bidang Pelaksanaan Pemerintahan Desa,Bidang Pembangunan Desa,Bidang Pembinaan Masyarakat,dan Bidang tak terduga. Perencanaan Pembangunan Desa Tanah Merah tahun 2019 menitik beratkan pada sector-sektor yang berkaitan dengan Pembangunan Infrastruktur Jalan, dan Peningkatan Perekonomian Desa melalui Pemberdayaan masayarakat,Peningkatan Kapasitas Posyandu dan PAUD,serta infrastruktur dasar masyarakat Desa.

           Selain RKP Desa, Pemaparan dan Penyerahan Laporan Realisasi Pelaksanaan Pembangunan tahun 2018 dan LPPD Pemerintahan Desa Tanah Merah 2018 oleh Bapak Kepala Desa Tanah Merah Bapak Zulfadli kepada Ketua BPD Desa Tanah Merah, dalam pemaparannya Kepala Desa menyampaikan ucapan terimakasih kepada segenap masyarakat dan kelembagaan yang turut membantu dalam kelancaran Pembangunan yang da di Desa Tanah Merah, “terimakasih atas partisipasi masyarakat dan kelembagaan desa yang turut serta membantu dalam kelanjutan pembangunan di Desa kita ini, dan Transparansi Anggaran menjadi prioritas kami dalam membangun Desa Tanah Merah”.

 Pemaparan lanjutan pada rancangan Daftar usulan RKP (DU-RKP) yang disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir untuk selanjutnya dibahas dalam Musrenbang Kecamatan Tanah Merah. Diantaranya yang diusulkan adalah peningkatan kapasitas dan perbaikan Infrastruktur Jalan,Sekolah pada jenjang SD sampai SLTA,Sarana Kesehatan,Olahraga dan Kepemudaan dan kegiatan lainnya.

           Acara ditutup oleh Camat Tanah Merah dengan pandangan umum tentang pentingnya perencanaan Desa yang baik dengan menyerap dan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan yang ada di masyarakat serta pelaksanaan yang telah dijabarkan dalam RKP Desa yang disesuaikan dengan prioritas dan pagu anggaran yang tersedia ditahun 2019. (azk.)

Ditulis Oleh :Administrator
Pada : 30 Januari 2019 14:32:59 WIB

Komentar Artikel Terkait

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar